Pakai HP dengan Satu Tangan Berdampak Buruk Bagi Kesehatan, Benarkah?

35

Sudah bukan hal yang baru lagi bahwa penggunaan ponsel atau smartphone yang terlalu berdampak buruk bagi kesehatan kita. Banyak peneletian telah dilakukan untuk mempelajari dampak penggunaan ponsel. Dilansir dari World of Buzz, baru-baru ini sebuah studi yang dilakukan oleh National Taiwan University Hospital telah menemukan ada satu posisi penggunaan ponsel yang sangat buruk.

Sebuah laporan oleh Apple Daily menyatakan bahwa salah satu dokter di rumah sakit, Leung Wai Man mengatakan bahwa menggunakan ponsel hanya dengan satu tangan dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan banyak kerusakan di tubuh manusia.


Namun, tak dapat dipungkiri bahwa posisi tersebut adalah posisi paling nyaman saat menggunakan ponsel. Kenyamanan tersebut ternyata membuat otot tangan berkontraksi lebih banyak dan memberi tekanan lebih pada satu tangan dan juga jempol.

Karena hanya satu tangan yang mendukung berat perangkat, hal tersebut dapat mengakibatkan rasa sakit dan nyeri di lengan tangan kita. Leung mengatakan bahwa sebenarnya semua posisi tangan memegang ponsel memiliki kelemahannya masing-masing. Masing-masing ponsel juga dapat mengakibatkan kerusakan pada tubuh, namun memang yang paling berbahaya adalah menggunakan ponsel dengan pakai satu tangan.

Oleh karena itu, Leung menyarankan agar saat menggunakan ponsel untuk berselancar di internet dalam waktu yang lama, lebih baik menggantinya dengan menggunakan komputer. Leung menjelaskan bahwa banyak dari kita yang membungkukkan kepala untuk melihat ponsel. Hal ini ternyata juga meningkatkan sudut flaxion leher sebanyak 15 derajat dan menambah ketegangan leher.

Namun, hal terbaik yang harus dilakukan saat menggunakan ponsel adalah, kamu harus memastikan bahwa kamu sudah mengistirahatkan tubuhmu sejenak. Meregangkan otot dan juga memastikan postur tubuhmu baik saat memegang ponsel. Yang Changhao, seorang dokter mata di National Taiwan University mengatakan bahwa yang terbaik adalah tidak melihat layar terlalu lama.

Karena cahaya biru dari layar merusak sel retina dan dapat mengganggu siklus tidur. Tips yang paling mudah adalah, kurangi penggunaan ponsel pada malam hari untuk mengurangi ketegangan mata dan membantumu tidur nyenyak.


Rekomendasi Lainnya :