Mau Tahu Cara Ampuh Merapikan Gigi Tanpa Behel, Ini Rahasianya

57

Susunan gigi tidak rapi atau dalam istilah kedokteran disebut dengan maloklusi. Yaitu kelainan pada gigi dimana gigi atas yang terlalu maju sehingga terlihat lebih menonjol. Sebetulnya gigi atas memang lebih maju dari pada gigi bagian bawah, akan tetapi pada kasus gigi tonggos ini melebihi gigi pada umumnya. Lalu bagaimana cara merapikan gigi tonggos?

cara merapikan gigi yang tidak beraturan
cara merapikan gigi yang tidak beraturan

Bagi sebagian orang biasanya tidak percaya diri berbicara didepan umum jika memiliki gigi yang tonggos dan menanggu penampilan selain itu juga susunan gigi kurang rapi yang terlalu maju dapat mengganggu kesehatan. Seperti sakit kepala serta gangguan pernafasan. Namun bagi yang tidak berpengaruh pada kesehatan tidak perlu dilakukan penanganan, memundurkan gigi tonggos hanya keinginan agar lebih percaya diri saja.

Faktor penyebab susunan gigi kurang rapi ini biasanya karena faktor genetik atau keturunan, bisa juga karena kebiasaan sejak kecil yang sering menghisap jari atau menggunakan dot. Memang cara paling umum orang merapikan gigi adalah dengan menggunakan behel. Tapi ada juga cara lain untuk memundurkan gigi atas.


Disini saya akan berbagi sedikit tips untuk anda yang ingin mencoba cara merapikan gigi yang renggang, namun saya tidak menjamin keberhasilan cara ini. Karena untuk lebih detail anda harus berkonsultasi dengan dokter ahli gigi. Saya hanya ingin berbagi saja karena ada juga yang pernah mencoba cara berikut dan berhasil ada juga yang tidak.

cara merapikan gigi tonggos
cara merapikan gigi tonggos

Teeth Trainer merupakan alat yang terbuat dari Polyurethane (semacam karet silicone) dan digunakan untuk menjaga susunan gigi. Penampilan gigi yang rata dan rapi tentunya menjadi dambaan setiap orang, karena akan menambah keindahan senyum individunya.

Sehingga banyak cara merapikan gigi yang tidak beraturan salah satunya dengan memasang behel gigi. Namun, merawat gigi dengan behel cukup merepotkan karena banyak prosedur yang harus dijalani. Belum lagi rasa sakit yang dirasakan saat awal pemakaian behel, sehingga mengharuskan si pengguna hanya makan bubur atau makanan lunak lainnya. Selain itu hal yang terpenting adalah biaya untuk pemasangan behel yang relatif mahal di dokter ahli.

Keunggulan Teeth Trainer :

  • Terbuat dari bahan Polyurethane (semacam karet silicone) yang lunak dan aman sehingga nyaman digunakan.
  • Tidak perlu konsultasi ke dokter gigi, sementara jika pembuatan/penggunaan behel wajib konsultasi ke dokter gigi tiap bulan.
  • Dapat dipakai kapan saja, saat merasa kurang nyaman bisa dilepas kapan saja.
  • Hanya perlu digunakan 1-2 jam setiap hari, dan 8 jam di malam hari saat tidur. Sedangkan behel harus digunakan 24 jam non-stop.
  • Kebersihan gigi lebih terjaga, karena dapat dilepas sebelum makan. Sehingga mengurangi resiko makanan terselip seperti yang sering terjadi jika memakai behel.
  • Bila saat proses pergeseran gigi terasa kurang nyaman, pemakaian teeth trainer dapat dihentikan sejenak. Dapat diteruskan kembali jika kondisi gigi sudah lebih baik.
  • Harga produknya relatif murah dibandingkan harga behel, belum lagi biaya konsultasi ke dokter yang rutin.

Teeth Trainer Dapat Digunakan Untuk Kondisi :

  • Excessive Spacing (gigi yang renggang, ada jarak antara gigi satu dengan yang lain)
  • Crowding (kondisi gigi saling bertumpukan)
  • Open Bite (gigi atas tidak dapat bertemu dengan gigi bawah, sehingga tidak dapat memotong makanan)
  • Over Bite/Deep Bite (posisi rahang bawah terlalu ke belakang, sehingga gigi seri bagian bawah berpotensi melukai langit-langit rongga mulut.
  • Overjet/Protrusion (gigi seri bagian atas terlalu maju ke depan, sehingga gigi tidak dapat memotong makanan)
  • Abnormal Eruption (ada gigi tumbuh di tempat yang tidak semestinya)
  • Cocok juga untuk perawatan setelah pemakaian behel permanen
cara merapikan gigi yang renggang
cara merapikan gigi yang renggang

Cara Pemakaian Teeth Trainer :

  • Gunakan alat ini selama 1-2 jam setiap hari dan 8 jam di malam hari saat tidur.
  • Bersihkan setiap hari setelah pemakaian, sikatlah alat ini dengan sikat gigi dan menggunakan air dingin atau hangat. Tidak boleh menggunakan air panas, karena dapat merusak teeth trainer.
  • Setelah dibersihkan, keringkan dan simpan kembali di kotaknya.
  • Pada minggu pertama pemakaian, gigi akan terasa sakit. Ini wajar sebab gigi “dipaksa” untuk bergeser. Tapi tetap gunakan setiap hari.
  • Biasanya baru akan terasa nyaman setelah beberapa minggu pemakaian.

Harga perapih gigi Teeth Trainer yang asli dibanderol mulai dari harga Rp 100 ribuan, dan bisa dibeli secara online di beberapa marketplace populer seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee dan lainnya.

Hasil positif, testimonial, foto, dan gambar tidak menjadi gambaran atau jaminan bahwa Anda akan memperoleh hasil yang sama. Kami tidak bertanggung jawab apabila hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan harapan Anda, karena hasil yang diperoleh pada setiap orang bisa berbeda-beda.


Rekomendasi Lainnya :