Karena Percaya Ramalan Golongan Darah, Hal Konyol Ini Pernah Terjadi

29

Siapa yang suka membaca ramalan golongan darah sambil scrolling timeline? Atau jangan-jangan ada yang mem-follow secara khusus nih demi mencocokkan karakter diri dengan deskripsi berdasarkan golongan darah? Kira-kira semua itu benar atau nggak sih?

Sistem ramalan golongan darah sebenarnya diciptakan untuk mengelompokkan karakter manusia di Eropa pada periode 1880-1920an dengan motif diduga untuk mendiskriminasi golongan tertentu. Ide ini berlanjut di Jepang ketika seorang akademisi bernama Takeji Furukawa meluncurkan makalah bertema sama pada 1927.

Penelitiannya namun bermasalah secara statistik karena hanya melibatkan 10-20 orang sebagai objek penelitian. Meskipun demikian, ide ini sudah terlanjur jauh menyebar sampai militer Jepang ingin ada studi lanjutan agar dapat membentuk pasukan prajurit yang lebih ideal.

Seserius itu, sampai kepercayaan atas ramalan golongan darah (ketsueki-gata) mengakibatkan terjadinya hal-hal konyol di Negeri Sakura itu. Berikut beberapa hal konyol yang pernah terjadi.

1. Kelas-kelas di TK dan SD di Jepang dibagi berdasarkan golongan darah supaya teknik pembelajarannya dapat disesuaikan dengan kepribadian anak-anak.

Kepribadian sesungguhnya bisa terbentuk dari banyak elemen seperti faktor genetik, hormon, dan pengaruh lingkungan. Sebenarnya aneh jika pembagian kelas didasarkan pada golongan darah. Sebab, belum ada penelitian yang cukup valid untuk dapat memastikan apakah golongan darah benar-benar berpengaruh pada kepribadian seseorang.

2. Dijodohkan berdasarkan golongan darah.

Jepang dikenal dengan etos kerja yang sangat baik hingga pemuda-pemudinya tak sempat lagi mencari pasangan, hingga berakhir dengan fenomena mati dalam kesendirian (kodokushi) yang marak terjadi di sana karena tak ada pasangan maupun sanak saudara. Karena itu biro jodoh punya peran signifikan bagi orang-orang yang tidak memiliki waktu untuk kehidupan cintanya.

Nah biro jodoh ini ternyata juga banyak yang menjodohkan kliennya berdasarkan hitung-hitungan cocok dari karakter yang muasalnya golongan darah. Tak hanya di biro jodoh, pasangan yang kencan pun akan menanyakan golongan darah si (calon) pasangan untuk menentukan apakah hubungan itu bisa dilanjutkan ke tahap yang lebih serius. Kamu kayak gini juga nggak nih?

3. Mengundurkan diri dari jabatan dan menyalahkan diri sendiri karena golongan darah.

Menteri Ryu Matsumoto mengundurkan diri dari jabatannya pada 2011 setelah pernyataan kerasnya kepada pejabat lokal ditayangkan di salah satu televisi nasional. Dalam pernyataan pengunduran dirinya, ia menyalahkan diri sendiri karena menurutnya sifat emosionalnya disebabkan oleh golongan darah B-nya. Kan konyol ya?

Nah daripada memercayai kepribadian berdasarkan golongan darah, coba deh kamu pelajari dulu apa sebenarnya golongan darah dan fungsinya bagi tubuh manusia. Jangan sampai terjebak pada kesalahan-kesalahan ilmu sains yang menjerumuskan seperti ini.