Ingin Bekerja di Negeri Ginseng, Ini Dia Tips Biar Bisa Kerja ke Korea

45

Karena demam tren Korea yang sangat besar di Indonesia, pemerintah Korea pun memberikan kesempatan selebar mungkin kepada orang-orang Indonesia yang ingin mencoba mengunjungi negara Gingseng ini sebagai bentuk terima kasih untuk antusiasme masyarakat Indonesia yang tinggi terhadap negara mereka.

Kesempatan yang dimaksud adalah berbagai kemudahan yang di fasilitasi oleh pemerintah Korea saat akan mengunjungi negara para idol K-pop ini, baik untuk berlibur, kuliah bahkan bekerja. Nah, untuk kamu yang ingin sekali bekerja kesana, tentu kesempatan kamu pun besar, asal kamu bisa memenuhi berbagai persyaratan dan aturan yang ada.


Bagi kamu yang sudah niat banget untuk bisa bekerja ke Korea Selatan, baca dulu tips berikut ini biar gampang dan cepat dapat kerja di sana: Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

1. Belajar Bahasa Korea dari Sekarang

Ketika kamu akan melamar pekerjaan ke Korea, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah pengetahuan kamu terhadap bahasa Korea. Biasanya persyaratan yang tercantum adalah minimal mengetahui kosakata bahasa Korea minimal 2000 kata.

2. Rajin Mencari Lowongan Kerja Online

Korea Selatan adalah negara yang ramah, dan selalu membuka kesempatan untuk para warga negara asing yang ingin memiliki karir disana. Jadi jika kamu memang sudah mantap ingin memiliki pengalaman kerja disana, rajin-rajin lah mencari informasi lowongan kerjanya secara online di website-website resmi dari perusahaan yang kamu inginkan.

3. Cari Lowongan Kerja yang Sedang Tren Di Korea Selatan

Jika sedang tren, artinya sedang membutuhkan banyak tenaga kerja dong. Biasanya lowongan kerja yang paling banyak membutuhkan tenaga kerja adalah bidang manufaktur, otomotif dan broadcasting. Jadi kamu yang punya skill di salah satu bidang tersebut siap-siap bikin CV yang bagus untuk dikirim.

4. Punya Pengetahuan tentang Gaya Hidup di Korea Selatan

Perusahaan di negara manapun biasanya tidak mau mengambil risiko dengan merekrut orang yang tidak memiliki pengetahuan apapun mengenai negaranya mulai dari gaya hidupnya sampai biaya hidup yang akan dihabiskan karena setiap negara memiliki sistem dan budaya yang berbeda-beda.

Karena itu jika kamu berhasil masuk ke tahap wawancara selain pertanyaan mengenai pengetahuan tentang perusahaan yang dilamar, pengetahuan kamu tentang negara mereka pun akan ditanyakan. Jadi siap-siap banyak belajar tentang Korea Selatan yah.

5. Sudah Memiliki segala Persyaratan yang Dibutuhkan

Siap kerja artinya kamu siap untuk pergi kapan saja saat dipanggil. Tentu akan sangat merepotkan jika mempersiapkan segalanya hanya saat kamu sudah fix diterima kerja saja. Kelalaian seperti ini tentu akan mempengaruhi cara pandang perusahaan terhadap karakter kamu.

Jadi jika kamu memang mau kerja keluar negeri yah kamu harus sudah siap dengan dokumen-dokumen yang dibutuhkan agar saat perusahaan bertanya kapan kamu siap bekerja, kamu bisa dengan percaya diri menjawab secepatnya.

Mempersiapkan Mental dan Fisik dengan Baik

Saat kamu berhasil bekerja ke luar negeri maka kamu juga harus siap dengan gaya hidupnya dan cuaca disana. Tidak seperti Indonesia yang merupakan negara tropis, Korea Selatan memiliki 4 musim dan 2 diantaranya bisa dikatakan cukup ekstrim untuk kamu yang belum pernah berkunjung ke negara-negara dengan 4 musim. Untuk itu agar kamu tidak mudah sakit saat membiasakan diri di negara Korea Selatan , jaga kesehatan fisik serta mental kamu dengan baik.

Sumber: cermati.com


Rekomendasi Lainnya :