Hanya Punya Uang 500 Ribu, Ini yang Bisa Anda Lakukan

54

Ini yang Bisa Anda Lakukan Dengan Uang 500 Ribu, Bila Anda memasuki pusat perbelanjaan, apa yang bisa Anda lakukan dengan uang Rp500 ribu? Uang sebesar itu terasa kecil di pusat perbelanjaan.

Bila Anda ingin membeli telepon seluler dengan uang Rp500 ribu, Anda hanya mendapatkan telepon seluler kelas bawah. Bila Anda menggunakannya untuk membeli pakaian, uang tersebut paling hanya bisa digunakan untuk membeli 1-2 pasang pakaian.


Bila pakaian bermerek terkenal, mungkin dana tersebut hanya digunakan untuk membeli sepotong pakaian. Coba bandingkan bila digunakan untuk hal-hal produktif, bisa jadi uang Rp500 ribu itu akan bertahan hingga bulanan bahkan tahunan.

Bahkan uang tersebut bisa berkembang dan memberikan keuntungan bagi Anda. Berikut ini beberapa cara investasi yang bisa Anda lakukan dengan uang Rp500 ribu.

Investasi Reksa Dana

Saat ini reksa dana memang sudah semakin populer di kalangan masyarakat dan harganya relatif terjangkau. Menurut perencana keuangan Andy Nugroho, reksadana ritel bisa dibeli dengan harga mulai Rp100 ribu.

Cara untuk mendapatkannya juga terbilang mudah. Anda tinggal mendatangi bank atau manajer investasi yang menjual reksadana dan membelinya. Setelah itu Anda tinggal menunggu uang tersebut berkembang. Tapi tentu saja, nilai perkembangannya juga beragam, begitu pula risikonya.

Membeli Emas

Emas juga bisa dijadikan pilihan untuk investasi. Saat ini harga emas berkisar di angka Rp500 ribuan. Dengan menambahkan beberapa puluh ribu rupiah, Anda sudah bisa membeli satu gram logam mulia.

Menurut perencana keuangan Prita Ghozie, investasi emas terbaik dalam bentuk logam mulia, bukan bentuk perhiasan. Sebab, logam mulia merupakan satuan nilai jual beli standar dan tidak dipotong ongkos. Logam mulia cocok untuk investasi rentang waktu 3-5 tahun.

Untuk Berbisnis

Memulai bisnis tak harus dengan modal besar. Bisnis bisa dimulai dengan uang ratusan ribu rupiah. Anda bisa memulai bisnis kecil-kecilan yang berpotensi jadi besar dengan modal Rp500 ribu.

Menjadi agen penjualan pulsa adalah salah satunya. Bahkan ada yang bisa memulai bisnis kue dengan modal Rp500 ribu. Riska Wahyu, seorang pebisnis kue di Bogor, mengaku memulai usaha dengan modal Rp500 ribu. Saat ini usahanya sudah beromzet puluhan juta rupiah.

Jika artikel ini bermanfaat, maka silahkan bagikan pada relasi Anda melalui fitur jejaring sosial. Jangan lupa bagikan juga cara investasi yang mungkin pernah Anda coba lakukan dengan uang Rp500 ribu.


Rekomendasi Lainnya :