Ajaib, Inilah 5 Manfaat Tak Terduga Menaruh Bawang Putih di Telinga

32

Bawang putih tak hanya untuk penyedap masakan. Meski ada juga yang tak suka dengan baunya yang begitu menyengat, namun jangan salah ya. Ternyata umbi-umbian berwarna putih ini juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan telinga.

Dikutip dari Halo Sehat, senyawa tersebut antara lain sulfur, Allicin, Alli dan minyak atsiri yang bisa menjadi anti bakteri dan anti septik bagi tubuh manusia. Selain itu, terdapat pula kalori, karbohidrat, protein, vitamin C, B1, B2, B3, B6, folat, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, natrium, dan seng.

Kamu bisa merasakan manfaat bawang putih ini bagi kesehatanmu dengan cara meletakkannya di telinga. Ambillah bawang putih yang sudah dikupas dan dicuci bersih. Kemudian potong dan pilihlah bawang yang bagian tengahnya lebih kuning dari luarnya.

Letakkan irisan tersebut pada lubang telinga, jangan terlalu masuk ke dalam. Biarkan bawang putih itu di telingamu selama semalaman dan ambil saat pagi hari. Apakah kamu tahu manfaat besar apa yang bisa kamu rasakan?

1. Hilangkan sakit telinga

Kamu juga bisa lakukan tips di atas saat telinga sakit. Telinga dalam yang biasanya terasa sakit akan diredam oleh bawang putih selama semalam.

2. Sembuhkan infeksi telinga

Infeksi ini terjadi pada cairan telinga di bagian tengah. Ini karena adanya bakteri masuk atau kemasukan debu hingga bakteri. Sembuhkanlah dengan memakai bawang putih seperti cara di atas.

3. Mengurangi radang

Bawang putih yang bersifat anti radang bisa menyembuhkan serta mengurangi denyutan dan pembengkakan pada tubuh. Anti-bakterial dan anti-virus bawang bisa membunuh bakteri dan kuman di telinga.

4. Penguat sistem imun

Meski hanya diletakkan di telinga, namun tubuh mampu merasakan khasiatnya. Meningkatkan sistem imun serta meningkatkan vitamin C, B6, Potassium kalsium dan serat dalam tubuh.

5. Melunakkan kotoran telinga

Kotoran telinga bisa melunak saat kamu meletakkan bawang di telinga. Hal ini bisa mempermudah kamu saat membersihkan telinga dan meminimalisir infeksi. Bawang yang digunakan untuk penyembuhan ini bukan bawang sembarangan. Pilihlah bawang putih organik, karena jika memakai bawang non-organik biasanya mengandung zat pestisida yang akan tidak aman untuk telingamu.